25 Maret 2015

Banyak Remaja Diet Tak Sehat Karena Takut Gemuk


Banyak Remaja Diet Tak Sehat Karena Takut Gemuk

Banyak remaja yang mau mempunyai badan kurus dikarenakan pengaruh dari orang lain. Bertubuh kurus, bagi kebanyakan remaja perempuan merupakan penting biar mereka dianggap cantik. Hasilnya, remaja menjadi takut gemuk dan terdorong melaksanakan diet penurunan berat badan.


Tetapi, diet penurunan berat badan yang dilakukan remaja sering kali salah langkah. Bukan menciptakan badan sehat, malah jadi sakit. terlebih, remaja tetap dalam masa pertumbuhan maka tidak sanggup melakukan diet sembarangan.


Psikolog Tara Adisty de Thouars menyampaikan, remaja rentan mengalami gangguan makan dikarenakan mereka sedang melalui step pembentukan identitas diri. Terhadap remaja yang mau kurus ataupun takut gemuk, mereka bisa mengalami bulimia ataupun anoreksia.


“Bulimia itu sebetulnya beratnya masih dapat normal, namun mereka miliki konflik pada makan. Jika makan mereka merasa bersalah maka mesti dimuntahin lagi,” jelas Tara dalam program peluncuran buku Trik Fun dan Smart Diet Remaja di Klinik Light House, Jakarta Selatan, Rabu (18/3/2015).


Tara melanjutkan, buat mengeluarkan kembali isi makanan, mereka kebanyakan akan minum obat pencahar sebanyak-banyaknya, puasa, dan olahraga yang berlebihan. Tidak Cuma itu, anoreksia pun masalah yang terjadi dikarenakan satu orang takut gemuk. Terlalu takut berat badannya bertambah, menciptakan remaja tidak mau makan walau merasa lapar.


“Saking takut gemuknya, enggak mau makan. Bahkan ada beberapa kasus di klinik, anak kelas 6 SD, enggak mau minum, lantaran berpikir apabila minum berat tubuh bakal naik. Demikian ketakutannya,” jelas Tara.


Anoreksia menyebabkan berat tubuh anak bisa turun dengan cara drastis dan badan lemas. Masalahnya, lanjut Tara, banyak remaja yang mempersepsikan jelita bila tulang pada badan tampak menonjol. Padahal, pandangan itu salah dan tak sehat.


Konsultan penurunan berat badan, dokter Grace Judio-Kahl meneruskan, anoreksia pada remaja bahkan dapat menyebabkan kematian. “Yang ditakuti ialah elektrolit dalam badan banyak terbuang dikarenakan enggak masuk sama sekali. Lalu takutnya kena jantung dan ginjal,” kata Grace.


Buat itu, diet pada remaja yaitu dengan mengaplikasikan pola makan yang sehat. Diet pada remaja juga diimbangi dengan memerhatikan keadaan psikologis anak.